Cara Menanam Bunga Anggrek Vanda Agar Tumbuh Subur

Banyak sekali hutan diIndonesia ditumbuhi segala jenis macam anggrek. Mulai dari anggrek yang paling banyak dijumpai sampai dengan anggrek yang langka termasuklah salah satunya anggrek vanda. Semua masing-masing anggrek memiliki daya tarik tersendiri. Pantas bila Bunga anggrek vanda menjadi primadona. Sosok Tanaman hias anggrek yang satu ini memang berbunga indah dan cantik. Itu sesuai dengan namanya, vanda dalam bahasa Sanskrit berarti indah. Adalah Sir W. Jones yang menyematkan nama vanda pada tahun 1975. Kecerahan dan ketajaman warna bunga Anggrek memang kelebihan vanda. Apalagi, persilangan antarspesies vanda menghasilkan jenis-jenis anyar yang memikat.Hasil persilangan menghasilkan beragam warna, seperti putih, merah muda, kuning, merah, cokelat, ungu, dan biru. Garis-garis atau bercak-bercak di segmen bunga Anggrek vanda menambah kemolekannya.
Sebagai anggrek tropis, vanda termasuk mudah perawatan.Tidak hanya itu, motif yang dihasilkan pada kelopak bunga membuatnya semakin indah, mulai dari segala macam warna sampai dengan motif tutul pun ada. Karena keindahannya itulah yang membuat banyak orang untuk mengoleksinya, tetapi malas mencoba untuk menanamnya sendiri. Karena banyak yang beranggapan kalau menanam anggrek ini sulit. Itu bukanlah hal yang salah karena menanam anggrek memang membutuhkan kesabaran yang ekstra agar hasil yang didapatkan pun menjadi maksimal. Yuk, kupas tuntas apa saja yang harus diketahui untuk dapat menanam anggrek vanda:
  1. Siapkan media tanamnya berupa arang, pecahan genteng,pakis, batu dan serbuk kayu. Ada juga jenis anggrek yang dapat ditanami dengan tanah secara langsung. Maka itu kenali dulu jenis dari anggrek yang akan anda tanam.
  2. Berikan pupuk khusus untuk anggrek, berikan dalam bentuk larutan yang disiramkan ke daunnya. Karena daun lebih cepat menyerap kandungan dalam pupuk ketimbang akar. Banyak para pecinta anggrek menggunakan pupuk NPK.
  3. Lakukan penyiraman sesering mungkin jika media penanaman terlihat kering. Tapi, jangan lakukan penyiraman jika tampak basah dan lembab. Hindari penyiraman pada malam hari, karena tingkat kelembapan meningkat pada malam hari.
  4. Gunakan pot plastic yang transparan, agar dapat mengetahui keadaan akar pada bunga anggrek bertujuan untuk menjaga anggrek tetap dalam keadaan kering
  5. Pencahayaan untuk anggrek vanda ini sedikit berbeda dengan jenis anggrek yang lainnya. Jika yang lainnya kebetuhan penyinaran hanya 50-60% saja, berbeda dengan anggrek vanda yang membutuhkan 100% penyinaran matahari.

Sebenarnya hal yang gampang untuk menanam dan merawat bunga anggrek agar tumbuh sempurna sesuai dengan keinginan asalkan tau inti dari menanamnya yaitu pemupukan, penyiraman,dan penyinaran. Anda paham dengan jenis anggrek yang anda tanam. Maka anda dapat menjadi penghasil bunga anggrek yang sukses.

Syarat hidup:
Kelembapan     : sedang-tinggi
Sinar matahari : sedang-tinggi
Suhu                   : 15-30 derajat celcius

Penempatan :
Sudut ruangan dan halaman berpenaungan

Faktor penting

Ada beberapa faktor yang mesti diperhatikan agar vanda berbunga.

  • Keturunan. Pilih jenis vanda yang memiliki silsilah yang jelas. Kondisi tanaman harus sehat dan subur
  • Kecepatan tumbuh. Penyiraman mendukung pertumbuhan tanaman. Lakukan penyiraman 2 kali sehari, pukul 07.00 dan 17.00. Dosis penyiraman sesuaikan umur dan kondisi lingkungan.
  • Nutrisi. Pupuk berperan memacu pembuangan. Berikan pupuk mejemuk 2 kali seminggu, dosis sesuai petunjuk di kemasan. Cara lain, teburkan pupuk granula (slow release) di berikan setiap 3 bulan sekali.
  • Intensitas cahaya. Vanda menyukai lokasi yang agak panas untuk fotosintesis matahari sekitar 70%.

Selamat mencoba dan semoga menjadi inspirasi bagi anda pecinta bunga anggrek.

Share This:

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *