Cara Merawat Anggrek Bulan yang Tepat

cara merawat bunga anggrek bulan

Dari sekian banyak macam bunga di Indonesia, tanaman anggrek bulan lah yang paling sering diminati oleh kalangan ibu-ibu. Bunganya yang lebar dan anggun ini menjadikan tanaman anggrek bulan sebagai tanaman favorit untuk diletakkan sebagai tanaman hias di halaman rumah. Selain itu, cara merawat anggrek bulan pun tidaklah sulit.

Anggrek bulan dapat tumbuh dengan baik di daerah iklim tropis seperti Indonesia. Spesies anggrek bulan telah menyebar seluruh hutan tropis di Indonesia. Di Taiwan menggunakan anggrek bulan hybrid sebagai usaha skala industri. Dari situ, hasil dari produksinya diekspor ke seluruh Negara khususnya Indonesia. Selain itu, variasi warna pada anggrek bulan juga bermacam-macam, ada yang ungu, merah, kuning, putih, pink dan ada juga yang merah kecoklatan.

13043285_489789097886539_4364092972969833676_n

Berikut ini beberapa tips tentang cara merawat anggrek bulan yang tepat.

Sinar Matahari

Sinar penuh tidak terlalu dibutuhkan untuk anggrek bulan. Terlalu banyak sinar matahari justru akan menghambat pertumbuhan anggrek bulan Anda. Untuk mengetahui apakah anggrek bulan Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup, dapat dilihat dari warna daunnya. Jika daunnya berwarna hijau cerah, berarti tanaman Anda sudah mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jika warnanya hijau pucat agak kekuningan, berarti tanaman Anda kurang mendapat sinar matahari. Sebaliknya jika tanaman Anda mendapat sinar matahari terlalu banyak, daunnya akan berwarna kecoklatan karena terbakar.

Suhu Udara

Di siang hari, anggrek bulan membutuhkan temperature ideal 30 derajat celcius, sedangkan malamnya membutuhkan 23 derajat celcius. Di daerah tropis, suhu tersebut adalah suhu normal rata – rata. Jadi, mestinya hal ini tidak akan merepotkan Anda. Anggrek bulan menyukai tempat dengan temperatur yang sejuk, berkisar antara 18o-24o C. Untuk menjaga temperatur di dalam shading paranet tetap sejuk, ditambahkan kipas-kipas angin di sudut bagian atas sebagai pembantu sirkulasi dan penyejuk udara. Bila anggrek ditempatkan di tempat bertemperatur tinggi, maka kualitas bunganya akan buruk. Selain itu, anggrek juga dapat mengalami dehidrasi karena terlalu tingginya tingkat penguapan.

Sirkulasi udara

Sirkulasi udara yang sangat dibutuhkan adalah ketika hembusan angin yang cukup baik untuk pertumbuhannya. Semakin baik sirkulasi udaranya semakin bagus pula pertumbuhannya pada tanaman anggrek bulan. Untuk itu, pastikan Anda tidak terlalu sering meletakkannya di ruangan tertutup.

Kelembaban Udara

Tingkat kelembapan udara ideal untuk pertumbuhan anggrek bulan adalah 60%. Kelembapan udara dijaga dengan membuat kolam-kolam berisi air di bawah pot-pot anggrek.. Jika udaranya terlalu lembab, bunga anggrek bulan akan ditumbuhi jamur dan cenderung cepat layu.

Penyiraman

Bunga anggrek bulan perlu disiram 2 kali sehari. Waktu terbaik untuk penyiraman adalah pukul 07.00 – 09.00 pagi dan pukul 16.00 – 18.00 sore. Jika cuaca sedang sangat panas, maka penyiraman perlu dilakukan hingga 3 kali sehari. Penyiraman yang terbaik adalah dengan menyemprotkan air ke dekat bagian akar bunga. Gunakan air yang bersih dan hindari penggunaan obat – obatan kimiawi sebagai campuran airnya.

Pemupukan

Pupuk ditambahkan dengan maksud untuk memperkaya nutrisi yang dikonsumsi oleh tanaman anggrek bulan agar menjadi lebih subur. Adapun pupuk yang digunakan adalah pupuk organik cair. Pemupukan dilakukan sekali dalam seminggu.

Hama dan pencegahannya

. Pertumbuhan anggrek bulan dapat terganggu oleh lalat, hama, dan jamur. Untuk mengatasi lalat, dibuat lem anti lalat yang ditempelkan pada sedotan plastik dan digantungkan di atas tanaman. Cara kerjanya yaitu lem lalat akan memikat lalat hingga lalat hinggap di sedotan. Kemudian lalat akan melekat di sedotan dan mati.
Selain lem lalat, diperlukan juga insektisida dan fungisida. Insektisida digunakan untuk mengatasi serangga yang mengganggu pertumbuhan anggrek bulan  sedangkan fungisida digunakan untuk mengatasi jamur.

Pada dasarnya cara merawat anggrek bulan tidaklah terlampau sulit. Yang penting adalah keseriusan dan ketelatenan dalam perawatannya. Selamat berkebun!

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *