Ciri Anggrek Vanda Sehat Dan Subur Saat Ditanam

img20160825151028-medium

Anggrek Vanda merupakan tanaman yang memiliki keindahan pada bunganya. Namun, tidak semua vanda memiliki bunga yang indah. Bunga yang tidak indah tersebut dikarenakan tanaman anggrek vanda yang tidak sehat serta tidak subur. Sedangkan anggrek vanda yang memiliki keindahan pada bunganya biasanya vanda tersebut sehat serta subur.

Bagaimanakah ciri-ciri dari anggrek vanda yang sehat dan subur? Ciri-ciri anggrek vanda yang sehat dan subur diantaranya adalah sebagai berikut.

  • anggrek Vanda memiliki batang ujung yang tumbuhnya terus keatas. Jika tumbuhnya kesamping, berarti tanaman anggrek vanda tersebut tidak sehat.
  • Memiliki daun yang berwarna hijau muda yang mengkilap. Atau daunnya juga bisa berwarna hijau tua tetapi mengilap.
  • Vanda tersebut tidak terserang hama maupun penyakit.
  • Tanaman yang sehat ditandai dengan banyaknya perakaran yang aktif.

Itulah ciri-ciri dari tanaman anggrek vanda yang sehat serta subur.

Memilih vanda dalam berbagai fase pertumbuhan

img20161030153403-medium

Ketika ingin membeli vanda, sebaiknya pilihlah terlebih dahulu vanda yang bagus. Vanda yang bagus serta unggulan ciri-cirinya telah disebutkan diatas. Namun, tidak semua vanda memiliki ciri-ciri yang sama. Apalagi yang tidak sama fase pertumbuhannya.

Di toko penjual bunga, biasanya vanda dijual terpisah berdasarkan ukuran serta bentuknya.Ketika memilih vanda sesuai dengan fase pertumbuhannya kita juga harus benar-benar teliti. Lantas, bagaimanakah cara memilih vanda sesuai dengan fase pertumbuhannya? Cara memilih vanda sesuai dengan fase pertumbuhannya adalah sebagai berikut.

  • Memilih bibit dalam botol

Bibit vanda dapat ditanam dimana saja. Salah satunya adalah di dalam botol. Sudah banyak orang yang menanam bibit di dalam botol karena dinilai lebih praktis. Di toko penjualan bunga pun sudah bisa ditemukan bibit di dalam botol. Cara memilih bibit dalam botol adalah sebagai berikut.

  1. Nama botani dari bibit harus benar serta jelas. Jangan sampai salah satu dari nama botani tersebut tidak benar dan jelas.
  2. Botol yang digunakan untuk menanam bibit harus bersih serta tiddak terkontaminasi dengan bakteri serta hal lainnya yang membuat bibit menjadi mati.
  3. Daun dari bibit vanda harus berwarna hijau yang segar.
  4. Daun dari bibit vanda juga harus tidak ada bercak-bercak yang berwarna kuning.
  5. Keadaan dari bibit harus terlihat sehat serta subur.
  6. Serta pertumbuhan bibit harus terbentuk secara sempurna.
  • Memilih bibit dalam bentuk individu

Bibit vanda juga ada yang ditanam secara individu. Cara memilih bibit dalam bentuk individu adalah sebagai berikut.

  1. Keadaan bibit harus sehat serta subur.
  2. Bibit vanda harus memiliki daun minimal 7-9 helai daun.
  3. Memiliki silsilah botani yang jelas.
  4. Daun memiliki warna yang cerah. Baik itu warna hijau tua maupun warna hijau muda.
  5. Karena vanda memiliki batang yang ramping, maka saat masih menjadi bibit akan terbentuk batang yang ramping.

img20161104113052-medium

Perawatan Anggrek Vanda Harian Mingguan Wajib

Sebagai tanaman hias, tentunya anggrek vanda perlu dirawat. Perawatan anggrek vanda ini perlu dilakukan. Tujuan dari perawatan anggrek  adalah supaya anggrek vanda dapat tumbuh dengan subur dan tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan bunga yang bagus. Untuk itulah, sebaiknya vanda yang kita punya dirawat dengan baik agar menghasilkan bunga yang bagus.

Ketika merawat anggrek vanda, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Beberapa hal ini bukan hanya kita perhatikan tetapi kita dituntut harus melakukannya. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Pupuk Anggrek Vanda terbaik

Pemupukan adalah hal yang wajib dilakukan. Tujuan dari pemupukan adalah untuk memenuhi zat hara yang dibutuhkan oleh vanda. Zat hara memang sudah ada di dalam tanah, namun zat hara yang ada di dalam tanah tersebut belum tentu dapat memenuhi kebutuhan vanda akan zat hara.

Pupuk sendiri bagi anggrek vanda digunakan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Itu berarti, tanpa adanya pupuk maka anggrek vanda tidak bisa hidup. Ada dua unsur yang mungkin dibutuhkan oleh anggrek vanda dan tanaman hias lainnya. Dua unsur tersebut adalah unsur maro dan unsur mikro.

Daripada unsur mikro, unsur makro jumlah kebutuhannya lebih banyak. Unsur makro yang dibutuhkan oleh anggrek vanda seperti hidrogen, karbon, kalsium, oksigen, nitrogen, kalium, magnesium, fosfor serta sulfur. Sedangkan untuk unsur mikro, kebutuhannya sangat sedikit.  Unsur mikro diantaranya seperti mangan, besi, tembaga, boron, klorida, seng, serta molivdenum.

img20160915163441-medium

Kebutuhan akan unsur makro dan mikro tersebut dapat dipenuhi dengan cara memberikan pupuk organik atau pupuk anorganik sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan.

Penyiraman Bunga Anggrek Harian

Penyiraman juga perlu dilakukan pada tanaman anggrek vanda. Seperti tanaman hias lainnya, tanaman vanda ini juga membutuhkan penyiraman. Apalagi anggrek vanda termasuk tanaman yang membutuhkan air yang cukup supaya dapat tumbuh dengan subur. Apa tujuan yang sebenarnya dari penyiraman yang dilakukan pada tanaman anggrek vanda?

Tujuan yang sebenarnya dilakukan penyiraman yang dilakukan pada tanaman vanda adalah supaya kelembapan tanah pada anggrek vanda dapat terjaga. Selain itu, tujuan lainnya adalah supaya kebutuhan anggrek vanda akan air dapat terpenuhi.

Setiap jenis anggrek, kebutuhan akan airnya berbeda-beda. Semuanya tergantung kepada ukuran tanaman, keadaan lingkungan, serta jenis tanaman anggrek vanda apakah yang kita tanam.

img20160716154039-medium

Anggrek vanda yang tumbuh di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia penyiramannya memang harus lebih rutin. Di Indonesia sendiri, penyiraman anggrek vanda dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Pada pagi hari, penyiraman dilakukan sekitar pukul  07.30. Sedangkan pada sore hari, penyiraman dapat dilakukan pada pukul 17.30.

Namun, ketika cuaca sedang musim hujan, sebaiknya frekuensi penyiraman dapat dikurangi. Mengapa harus dikurangi? Karena, jika tanah terlalu lembap karena terlalu banyak menerima air akan menyebabkan anggrek vanda terserang penyakit.

Tanah yang terlalu lembap memang akan mendatangkan virus  penyebab penyakit dan itu akan membahayakan anggrek vanda. Sekian Ciri Anggrek Vanda Sehat Dan Subur Saat Ditanam semoga bisa membantu

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *