Grammatophyllum stapeliaeflorum, si anggrek sendu

grammatophyllum-stapeliaeflorum2-760771

Grammatophyllum stapeliaeflorum adalah salah satu anggrek yang dapat ditemui di Indonesia. Tanaman anggrek ini dikenal sebagai anggrek sendu, atau Anggrek Ratap Tangis. Warna bunganya kusam, dan tangkai bunganya pun merunduk dan menggantung keluar pot seperti cucuran air mata. Inilah yang membuat Grammatophyllum stapeliaeflorum unik.  Bulbnya menyerupai bulb anggrek macan (G. scriptum) hanya saja kulit permukaan luarnya tampak lebih mengkilat dan kaku seperti dilapisi plastic, berbuku tunggal dengan panjang kira-kira 14 cm, lebar 6 cm, agak memipih dengan 2-3 daun pada puncaknya. Daun berukuran cukup lebar, panjang kira-kira 35 cm yang makin menyempit kearah pangkalnya. Bunganya muncul dari dasar bulb dengan tandan bunga yang merunduk dan menggantung ke bawah. Panjang tandan bunga sekitar 30 cm. Pada tandan tersebut tumbuh sebanyak 12 kuntum bunga. Bunga berwarna coklat kelabu keunguan dengan totol-totol ungu tua, berbau tidak sedap.

Jenis ini ditemukan di hutan-hutan di Sumatera, Jawa sampai dengan Sulawesi. Tumbuh secara epifit pada pohon-pohon di hutan-hutan yang agak terbuka. Berdasarkan catatan sementara tanaman ini berbunga pada bulan-bulan Januari, Februari, Juni, Juli. Apakah waktu berbunga tersebut sama dengan berbunganya di alam masih perlu diteliti. Masa mekar bunganya antara 13-15 hari. Buah berbentuk jorong.

Grammatophyllum stapeliaeflorum merupakan satu-satunya spesies Grammatophyllum yang berarti tandan dengan posisi menggantung. Umumnya dipelihara di pot besar atau pot gantung besar dengan media tumbuh cacahan akar pakis dan sedikit sabut kelapa. Penyiraman diperlukan tetapi tidak setiap hari. Mudah dikembangbiakkan dengan anakan. Meskipun penampakan bunganya yang kurang menarik, namun anggrek ini merupakan satu-satunya anggota keluarga Grammatophyllum yang memiliki morfologi tandan dengan posisi menggantung.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *