Menanam dan Merawat Anggrek jenis Dendrobium

img20160730144448-medium

Nama ilmiah: Dendrobium
Tingkatan takson: Genus
Klasifikasi lebih tinggi: Dendrobiinae

Dendrobium adalah salah satu marga anggrek epifit yang biasa digunakan sebagai tanaman hias ruang atau taman. Bunganya sangat bervariasi dan indah. Dendrobium relatif mudah dipelihara dan berbunga. Pola pertumbuhan anggrek Dendrobium bertipe simpodial, artinya memiliki pertumbuhan ujung batang terbatas. Batang ini tumbuh terus dan akan berhenti setelah mencapai batas maksimum. Pertumbuhan ini akan dilanjutkan oleh anakan baru yang tumbuh di sampingnya. Pada anggrek simpodial ini terdapat penghubung yang disebut rhizoma atau batang di bawah tanah. Dari rhizoma ini akan keluar tunas anakan baru. Di antara rhizoma dan daun ada semacam umbi yang disebut pseudobulb (umbi palsu). Ukuran maupun bentuk pseudobulb bervariasi.

Nah jika anda pengen menanam anggrek di rumah mungkin anda bisa coba jenis Anggrek Dendrobium. Anggrek Dendrobium ini relatif mudah perawatannya sehingga cocok untuk pemula. Selain mudah dalam perawatannya , Anggrek Dendrobium merupakan jenis tanaman anggrek yang sangat populer selain anggrek bulan. Di samping itu anggrek dendrobium juga rajin berbunga, bunga angrek dendrobium
dapat bertahan kurang lebih dua minggu bahkan bisa satu bulan lebih untuk jenis tertentu.

Untuk pemula yang ingin menanam anggrek dirumah, ada berbagai macam jenis Anggrek Dendrobium ini. Dari mulai jenis Anggrek Dendrobium Species hingga dendrobium Hybrid atau dendrobium hasi persilangan. Anggrek Dendrobium hybrid ini biasanya lebih mudah berbunga dan mudah perawatannya. Dendrobium Species biasanya diminati oleh pecinta anggrek yang sudah penghobi berat. Kadang untuk jenis species masa berbunga hanya musim-musim tertentu. Namun tidak semua demikian, tergantung jenisnya.

Bagaimana Merawat Anggrek Dendrobium

Nah jika anda sudah cukup mantap untuk memulai menanam anggrek Dendrobium, bagaimana cara perawatannya? Berikut ini beberapa tips sederhana merawat tanaman anggrek Dendrobium :

Karakter Anggrek Dendrobium

Anggrek dendrobium lebih menyukai ruangan yang memiliki aliran udara yang bagus (terbuka). Namun bila tidak memungkin dan anggrek dendrobium harus ditempatkan pada ruang tertutup, maka pemberian kipas angin (penyedot udara) sangat diperlukan agar anggrek dendrobium tetap dalam kondisi yang cukup udara.

Kebutuhan cahaya matahari untuk jenis anggrek dendrobium ini jauh lebih besardibandingkan dengan jenis anggrek lainnya. Kebutuhan sinar matahari Dendrobium adalah sekitar 50 – 60%. Namun jangan terkena sinar matahari langsung, berikan naungan paranet atau ditempatkan di lokasi lain misal dibawah pohon, teras dan lain-lain. Sedangkan untuk temperatur 28 – 32 derajat Celcius dan kelembaban 50% merupakan suhu yang tepat untuk anggrek dendrobium.

Cara Perawatan Anggrek Dendrobium

Untuk menanam Anggrek dendrobium diperlukan bibit anggrek dan media tanaman yang tepat dan baik. Media tanam yang baik adalah yang tidak cepat lapuk, memudahkan akar menempel, berongga (porous) untuk sirkulasi udara, dapat menyimpan zat hara, serta tidak mudah menjadi sumber penyakit.

Media tanam untuk anggrek dendrobium bisa berupa arang kayu dan pecahan genteng atau bata,akar Pakis, Moss , sabut kelapa dan lain sebagainya. Untuk komersial, media yang digunakan biasanya hanya arang. Bisa juga ditempelkan langsung di pohon yang masih hidup atau pohon lapuk.

Selain media tanam yang baik, dendrobium juga menginginkan nutrisi yang baik bagi pertumbuhan dan pembungaan. Tanpa nutrisi yang cocok, dendrobium tidak akan bisa tumbuh dan berbunga dengan baik.

Untuk dendrobium yang masih kecil, pupuk yang baik adalah yang banyak mengandung unsur N, yang bisa mempercepat pertumbuhan. Sementara untuk pembungaan, pupuk yang cocok adalah yang mengandung banyak unsur P. Pemupukan bisa dilakukan dua kali seminggu.

Dengan media yang tepat,pemupukan yang tertib serta penempatan pada lokasi yang tepat, Anggrek Dendrobium akan tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang indah dan menawan. Selamat mencoba.

Share This:

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *