Mengatasi pembusukan akar pada anggrek bulan

Sudah hampir 500 anggrek bulan terjual selama satu bulan ini, dari sekian banyak itu terdapat beberapa komplain dari pembeli karena kasus pembusukan batang anggrek bulan. Sebenarnya pada saat pengiriman sudah diusahakan sesedikit mungkin air yang ikut terbawa. tapi media spagnum moss yang dipakai masih saja memerangkap air sehingga menyebabkan daun menjadi menguning. Penyebab terbesar pada kasus ini adalah terjadi pembusukan akar pada anggrek bulan itu sendiri. Satu-satunya cara paling cepat sebelum terlambat adalah mengganti media moss yang memang rata2 umurnya sudah lebih dari 2 tahun dipakai oleh anggrek bulan, sehingga menyebabkan akar anggrek bulan menjadi busuk yg pada akhirnya menyebabkan daun anggrek bulan menguning dan akhirnya mati.

Ternyata bisa, bahkan untuk tanaman yang akarnya sudah hilang sama sekali karena membusuk masih ada cara untuk menumbuhkan akar baru. Cara menumbuhkan akar baru anggrek Phalaenopsis karena akarnya membusuk:

  • Kalau masih ada akar yang cukup sehat bisa diselamatkan. Potong semua akar yang membusuk. Akar membusuk berwarna coklat/hitam dan terasa empuk berair. Yang sehat berwarna hijau kekuningan atau abu abu keperakan dan terasa keras waktu dipegang. Kalau tak ada akar yang sehat potong semuanya. Kalau ada daun yang menguning potong juga. Ingat alat pemotong harus bersih.
  • Cuci bagian akar sampai bersih (saya mencucinya dengan air sumur yang dicampur sedikit detergent untuk mencuci piring) dan keringkan. Hati hati supaya daun tidak terkena air.
  • Masukkan sedikit kerikil yang sudah dibersihkan kedalam tempat plastik atau gelas yang transparan dan taroh sedikit spagnum moss diatasnya dan tuang sedikit air hujan/sumur atau air aqua (jangan air ledeng).
  • Letakkan tanaman anggrek yang akarnya sudah bersih diatas tempat plastik atau gelas tsb dengan akar tidak menyentuh spagnum moss. Kalau akarnya tidak ada sama sekali, bagian bawah tanaman jangan menyentuh spagnum moss.
  • Letakan tanaman anggrek yang sudah dicuci diatas pot tempat plastik/gelas tsb diatas piring yang telah diisi kerikil dan air.
  • Kerudungi tanaman dengan kantong plastik yang transparan dan taroh ditempat yang terang tapi jangan terkena sinar matahari langsung.
  • Kalau spagnum moss dan kerikil mengering tambahkan air lagi secukupnya.
  • Beberapa minggu kemudian, kalau berhasil akar baru akan mulai tumbuh.

Tip: Kalau menyiram tanaman anggrek jenis Phalaenopsis supaya hati hati jangan sampai daun tersiram air karena bisa menyebabkan pembusukan mahkota daun. Jadi semua daun harus tetap kering. Penyiraman sebaiknya hanya dibagian akarnya/media tanamnya saja dan paling bagus dilakukan dipagi hari supaya air sempat menguap sepanjang hari dan media tanam tidak terlalu basah dan lembab.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *