Mengenal Anggrek Jenis Bulbophyllum

279835836_mBulbophyllum adalah genus terbesar dalam keluarga anggrek, bahakan merupakan salah satu genus terbesar dalam kerajaan tanaman. Sampai saat ini telah terdaftar sekitar 2800 species yang termasuk dalam genus ini, dan setiap tahun selalu saja ada penambahan species baru dalam genus ini, sementara ada juga yang dialihkan ke genus lainnya.
Nama Bulbophyllum berasal dari bahasa latin Bulbos (mirip bulb) dan bahasa Yunani Phyllon yang berarti daun. Daerah penyebarannya meliputi Australia. Afrika, Amerika Selatan dan Asia Tenggara. Namun daerah asalnya adalah Papua nugini, Papua, dan Kalimantan.
Tampilan species dari genus Bulbophyllum sangat beragam. Ada yang hidup sebagai epifit dan adapula yang litofit. Bentuk pseudobulbnya ada yang seperti batang dan adapula yang bulat atau kerucut dan bersudut. Daunnya tunggal dan muncul di puncak pseudobulb dengan ukuran beragam dari yang mungil hingga sangat besar, tipis maupun tebal.
Bunga bervariasi baik bentuk maupun jumlahnya. Dari yang tunggal hingga banyak kuntum membentuk tandan, terjal8n seperti spiral atau berderet, bahkan berjejer melingkari tangkai bunganya. Sebagian species memiliki aroma yang kurang sedap dan beberapa species lain dikenali karena memiliki lidah dibibirnya yang dapat bergoyang-goyang.
Bulbophyllum dapat ditanam di pot di pot atau kerat kayu. Mereka menyukai kelembaban yang tinggi dan berangin serta terlindung dari sinar matahari langsung.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *