Mengenal Paraphalaenopsis, si Anggrek Ekor Tikus

Paraphalaenopsis adalah genus yang dalam perdagangan  biasa disingkat Prphln. ini merupakan salah satu keluarga anggrek -anggrekan (Orchidaceae) yang termasuk  dalam sub family : Epidendroideae , Tribe :Vandeae dan Sub tribe : Aeridinae.
Genus yang sampai sekarang hanya beranggotakan 4 species ini merupakan tanaman endemik di pulau Kalimantan.  Secara morfologis genus ini mirip dengan Phalaenopsis dan lama dianggap sebagai spesies dari genus tersebut. Bunga kedua genus ini memang  mirip, namun daun  Paraphalaenopsis berbentuk  silinder yang kecil dan  panjang (dari 35 cm sampai dengan 3m dalam budidaya) menyerupai ekor tikus. Bentuk daun inilah yang kemudian membuat genus ini terkenal dengan sebutan “Anggrek ekor tikus” atau “Anggrek buntut tikus”.
Semua species dari genus paraphalaenopsis hidup secara epifit dan sangat menyukai cahaya yang terang serta suhu yang hangat. Bunga-bunganya sangat cantik dan biasanya mekar di awal musim semi dengan ukuran 2,5 cm sd 7,5 cm . Salah satu speciesnya yaitu Paraphalaenopsis serpentilingua memiliki bibir bunga yang berbelah menyerupai lidah ular sehingga kadang dikenal juga dengan sebutan “the snake tongue orchid” atau “anggrek lidah ular”.
Berikut bunga-bunga dari genus Paraphalaenopsis. Selamat menikmati keindahannya.
Paraphalenopsis denevei
Paraphalenopsis denevei
Paraphalaenopsis labukensis
Paraphalaenopsis labukensis
Paraphalaenopsis laycockii
Paraphalaenopsis laycockii
Paraphalaenopsis serpentinlingua
Paraphalaenopsis serpentinlingua

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *