Mengenal Zygopetalum, anggrek unik asal Brasil

13769453_521918858006896_8645475930770586874_nAnggrek Zygopetalum  memiliki sejarah panjang. Pada tahun 1827, seorang dari Brasil, Mackay memberi anggrek ke ahli tanaman anggrek yang terkenal, Sir William Hooker. Sir Hooker memeriksa anggrek baru yang unik ini dan menciptakan genus baru untuk itu: Zygopetalum. Spesies pertama anggrek Zygopetalum bernama Zygopetalum mackayi untuk menghormati orang terkenal asal Brasil. Genus ini namanya berasal dari zygon Yunani (kuk) dan Petalon (petal), dan merupakan gambaran sempurna dari pertumbuhan anggrek yang berbasis pada bibirnya. Tanaman ini menghasilkan beberapa mekar yang dapat bertahan hingga 8 minggu, dan sering dibiakkan untuk digunakan sebagai bunga potong.

Tanaman ini umumnya ditemukan daerah sekitar bagian tengah Amerika Selatan, anggrek Zygopetalum bersifat epifit ( tumbuh dengan cara menumpang pada tumbuhan lain) dan teresterial (tumbuh di atas permukaan tanah). Karena anggrek ini menghasilkan daun tali-seperti kasar, mereka sering diklasifikasikan sebagai “anggrek lembut. Daun apikal dan biasanya lonjong. Pseudobulbs adalah kerucut atau bulat telur, daun, dan menghasilkan perbungaan panjang 24 inci. Bunga biasanya 2 sampai 3 inci diameter, racemose (Susunan bunga  terus tumbuh pada bagian poros bunga, bunga yang lebih tua akan berada di paling bawah dan bunga terbaru tumbuh di ujung atau pangkal.) dan tumbuh lateral di sepanjang daun. mekar ini dikenal untuk tampilan lilin dan merasakan dan untuk aroma mereka. Bunga datang dalam berbagai warna, termasuk hijau, ungu, raspberry dan merah anggur.

Pertumbuhan anggrek Zygopetalum  tumbuh baik di media seperti kulit kayu cemara yang banyak ditemukan di daerah bersuhu hangat. Genus ini suka cahaya terang, terutama sinar matahari pagi dan sore, tetapi harus menghindari terik matahari tengah hari yang panas. Seperti jenis anggrek lainnya, daun pada tanaman ini sebagai lampu indikator. Jika tanaman ini mendapatkan jumlah yang tepat dari matahari, daun akan hijau muda hanya dengan sentuhan kuning. Jika daun hijau gelap, anggrek membutuhkan lebih banyak panas matahari.

Penyiraman anggrek Zygopetalum harus berimbang. Tanaman ini menyukai air, tetapi tidak ingin menjadi basah. Mereka tidak ingin menjadi benar-benar kering, baik. Penyiraman seminggu sekali mungkin cukup, tetapi Anda harus memperhatikan panas dan kelembaban, dan mengatur penyiraman sesuai.

13718619_521918788006903_4784223497687957758_n

Sebagai tanaman asli Amerika Selatan, terutama Brasil, anggrek Zygopetalum menyukai udara hangat. Bahkan, tanaman ini membutuhkan panas yg lebih daripada anggrek pada umumnya, asalkan dapat memiliki suhu ringan di malam hari (50-65 derajat Fahrenheit). Anggrek ini dapat mentolerir suhu malam dingin, juga, tetapi hanya sebelum bunga. Setelah itu harus disimpan dalam suhu di atas 35 derajat, dan tidak boleh terkena embun beku atau suhu beku. Dalam iklim frost-free, seperti dataran tinggi, beberapa spesies dapat tumbuh di luar ruangan selama mereka dilindungi dari terik sinar matahari,

Zygopetalum orchids do not go dormant, so they should be fed all year round. A balanced orchid fertilizer (20-20-20) is a good bet. Dilute to half strength and give to the plant at every other watering. The frequency of repotting depends on the type of medium. If your orchids live in bark, repot every year. If you’re using sphagnum moss, you can wait two years before repotting the plant. The best time to repot is immediately after all of the blooms have opened and are spent. Use a moist mix, and don’t press the medium too firmly into the pot. This orchid likes lots of air spaces.

Anggrek Zygopetalum tidak mengalami kondisi dormant , sehingga mereka harus diberi dipupuk sepanjang tahun. Sebuah pupuk anggrek yang seimbang (20-20-20) adalah perhitungan yang baik. Frekuensi repotting tergantung pada jenis media. Jika anggrek Anda ditanam di pot, merepoting setiap tahun. Jika Anda menggunakan sphagnum moss, Anda bisa menunggu dua tahun sebelum repotting tanaman. Waktu terbaik untuk merepoting adalah segera setelah semua mekar telah membuka dan menghabiskan. Gunakan campuran lembab, dan tidak menekan media terlalu kuat ke dalam panci. anggrek ini menyukai banyak ruang udara.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *