Pemupukan untuk anggrek bulan (Phallaeonopsis)

IMG20160617144749 (Medium)Sama halnya dengan tumbuhan lain, ia Juga memiliki waktu dan dosis pemupukan Untuk bunga anggrek yang sangat perlu di perhatikan.anggrek Phalaenopsis pun membutuhkan pupuk. Namun, pemupukan bukan kunci utama bagi keberhasilan penanaman anggrek. Kondisikan dahulu lingkungan tumbuhnya seperti yang diinginkan oleh anggrek itu sendiri, barulah kemudian pupuk dapat berperan memberikan pertumbuhan yang pesat dan berbunga seperti yang diharapkan.

Pemupukan dilakukan sesuai kebutuhan tanaman dan aturan yang sudah ditetapkan, baik jumlah maupun frekuensinya. Namun, masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa jumlah pupuk yang banyak dan frekuensi pemberian yang tinggi akan baik bagi pertumbuhan anggrek. Padahal tidaklah demikian. Pupuk yang diberikan berlebihan dapat menjadikan tanaman rusak bahkan mati. Sebaliknya bila pemupukan jarang dilakukan, tanaman akan kekurangan unsur hara sehingga pertumbuhannya terhambat.

Pemupukan anggrek Phalaenopsis spesies sebaiknya dilakukan seminggu sekali melalui daun. Waktu pemupukan yang terbaik adalah saat matahari mulai mengenai tanaman, yaitu pukul 08.00-10.00. Ini disebabkan pada saat itu, proses pemasakan dan pengangkutan makanan mulai berlangsung, yang sering dikenal dengan istilah proses asimilasi.

IMG20160616152146 (Medium)Dipasaran, pupuk banyak dijual dalam berbagai merek dan bentuk. Bila dilihat dari bahan penyusunannya, pupuk dapat digolongkan menjadi dua, yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik. Pupuk organik adalah pupuk yang dibuat dari berbagai bahan alami. Sementara pupuk anorganik merupakan pupuk yang dibuat dari berbagai bahan kimia. Masing-masing jenis pupuk tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan pupuk organik adalah ramah lingkungan, dalam pengertian tidak berdampak buruk bagi lingkungan maupun pemakai. Sementara kekurangannya adalah berbau busuk saat pengaplikasiannya sehingga sebagian orang enggan menggunakannya. Untuk pupuk anorganik justru sebaliknya. Namun, apapun pilihannya, yang terpenting adalah pupuk tersebut harus mengandung unsur hara makro dan mikro bagi kelangsungan tumbuhnya tanaman, baik vegetatif maupun generatif.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *