Tanaman Pot Gantung, Solusi Mudah untuk Halaman yang Sempit

2-tanaman-pot-gantung-solusi-mudah-untuk-halaman-yang-sempit1

Biasanya area halaman rumah sering dimanfaatkan untuk bermain, menanam tanaman, atau hanya sekedar untuk garasi sepeda motor atau mobil. Setiap rumah idealnya wajib dilengkapi dengan tanaman hijau supaya terlihat lebih indah dan asri. Apalagi untuk rumah – rumah yang berada di daerah perkotaan yang padat.

Selain dapat mempercantik rumah, manfaat tanaman yang paling utama adalah untuk membantu mengatur sirkulasi udara di lingkuran rumah. Namun bagaimana bila Anda mempunyai rumah dengan halaman yang terbatas atau bahkan sempit untuk meletakkan tanaman?

Anda tidak perlu merasa bingung. Solusinya adalah dengan menggunakan tanaman pot gantung. Karena halaman rumah memiliki area tanah yang terbatas, maka pot gantung dapat membantu mengoptimalkan aarea yang terbatas tersebut. Nah kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai bagaimana fungsi serta pengunaan tanaman di dalam pot gantung yang benar:

Tanaman Dalam Pot Gantung Menawarkan Keindahan Mencolok

Rumah hunian biasanya mempunyai dinding atau tembok halaman yang mudah terkelupas atau warna cat yang mulai memudar. Masalah tersebut dapat Anda siasati dengan menggunakan tanaman di dalam pot gantung. Apalagi bila memang sudah tak ada bagian tanah lagi di area halaman rumah yang dapat ditanami. Selain itu, Anda juga dapat membuat gantungan pada plafon yang terdapat halaman rumah.

Kehadiran tanaman ini di halaman tentunya akan membuat rumah terasa lebih asri dan hijau. Pastikan tanaman tersebut digantungkan dengan rapi sehingga keindahannya dapat terpancar dengan maksimal.

Memilih Jenis Tanaman Gantung yang Cocok

Bila Anda datang ke tempat penjual tanaman atau bunga, mungkin Anda akan menemukaan banyak pilihan tanaman yang cocok untuk ditanam di dalam pot gantung. Harga tanaman pot gantung tersebut sangat bervariasi tergantung dari bunga dan jenis tanamannya.

Biasanya jenis tanaman yang cocok untuk pot gantung adalah jenis akar serabut. Selain itu tanaman ini juga lebih tahan terhadap paparan sinar matahari yang lebih lama. Tanaman hias gantung yang sering dijumpai di antaranya adalah petunia ungu, bawang rambat, kantong semar, dan portulaka.

Jenis Pot dan Gantungan

Jenis pot untuk tanaman gantung biasanya adalah pot dari bahan tanah liat, plastk, atau bambu yang dibelah. Namun kebanyakan orang lebih suka memilih pot plastik. Alasannya, jenis pot ini lebih awet dan lebih ringan dibandingkan jenis pot gantung lainnya

Tidak hanya itu saja, pot gantung plastik juga lebih mudah dilubangi bagian bawahnya. Apalagi tanaman gantung memerlukan lubang drainase yang baik. Untuk penggantungnya, gantungan tersebut dapat menggunakan tali plastik, tali ijuk, atau kawat.

Menata Pot

Untuk tanaman pot gantung jenis anggrek, Anda dapat meletakkan beberapa arang di dalam pot. Namun untuk tanaman gantung jenis lainnya, Anda perlu mencampur tanah kebun, humus, dan pupuk kandang dengan perbandingan sama. Jika semua sudah tercampur, beri lapisan ijuk di dasar pot supaya tanah tidak terbawa air saat disiram.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *